Rangkaian Saklar Lampu Otomatis Menggunakan Sensor LDR + Relay



Pernahkah anda melihat lampu penerangan di pinggir jalan seperti gambar di atas? Lampu tersebut menyala ketika malam hari dan padam ketika siang hari dengan sendirinya. Hal serupa juga terjadi pada lampu taman yang menyala dan padam secara otomatis bergantian siang dan malam. Hal tersebut terjadi dikarenakan terdapat rangkaian saklar otomatis yang memanfaatkan karakteristik dari salah satu sensor cahaya yaitu sensor LDR (light dependent resistor) yang nilai resistansinya bisa berubah sesuai dengan intensitas cahaya.  Bagaimana caranya membuat rangkaian lampu dengan saklar otomatis?, berikut ini akan dijelaskan tentang rangkaian saklar lampu otomatis menggunakan sensor LDR.

Rangkaian saklar lampu otomatis menggunakan sensor LDR seperti gambar di bawah ini :

Rangkaian Pada kondisi Sensor Terkena Cahaya.



Rangkaian Pada kondisi Sensor Tidak Terkena Cahaya.


Rangkaian Dengan Menggunakan Potensio.

Penjelasan :
  • Sensor LDR : sensor cahaya LDR adalah komponen utama pada project ini, karakteristik sensor LDR yaitu “ketika cahaya terang, maka nilai resistansi sensor LDR menjadi sangat kecil sehingga arus yang mengalir dari Vcc akan melewati sensor LDR dan menuju ke ground dan hal ini menyebabkan lampu tidak akan menyala karena basis transistor mendapat logic LOW , ketika cahaya gelap maka nilai resistansi sensor LDR menjadi sangat besar sehingga arus yang mengalir dari Vcc akan melewati resistor 1K ohm pada basis transistor sehingga transistor akan aktif karena basis mendapat logic HIGH, maka ketika transistor aktif akan menyebabkan coil relay aktif ,sehingga lampu yang terhubung pada NC akan menyala.
  • Potensio : untuk merubah nilai resistansi yang menyebabkan sensitifitas sensor LDR berubah sesuai yang kita inginkan
  • Relay : saklar elektronik yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan ketika coil pada relay dalam kondisi aktif
  • Transistor NPN : pada project ini transistor digunakan sebagai saklar untuk mengaktifkan coil relay, transistor ini aktif ketika basis mendapat nilai tegangan >0 / logic HIGH , dan akan nonaktif ketika basis mendapat nilai tegangan 0 / logic LOW.
  • Terangilah sensor LDR, jika relay aktif maka lampu akan mati, dan ini membuktikan rangkaian bekerja dengan baik
  • Tutuplah sensor LDR, jika relay tidak aktif maka lampu tetap menyala, dan ini membuktikan rangkaian bekerja dengan baik
  • Putarlah potensio dari nilai 0 – 1 k untuk mengatur sensitifitas LDR terhadap cahaya
  • Untuk pengaplikasikan rangkaian ini, maka tutuplah permukaan sensor LDR dengan bahan bening seperti kaca atau plastik untuk menghindari dari panas dan hujan.
  • Rangkaian saklar lampu otomatis menggunakan sensor LDR ini adalah implementasi dari rumus pembagi arus dari hukum kirchoff.
  • Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

No comments

Dicky B_Mz. Powered by Blogger.