Membuat Rangkaian Running LED sederhana menggunkana IC Counter dan IC Register (NE555 dan 4017)

Running LED atau Lampu Berjalan adalah rangkaian lampu yang sering digunakan pada lampu variasi sepeda motor maupun pada mobil. Running LED ini pada dasarnya terdiri dari 10 buah LED yang dapat menyala secara berurutan secara terus menerus. Untuk membuat tampilan nyala lampu yang bervariasi dan lebik unik dapat ditambahkan jumlah dan penyusunan LED agar lebih menarik. Penambahan julamh LED pada running LED dapat dilakukan dengan menghubungkan secara parallel LED tersebut dan meletakan di sisi lampu variasi posisi lain..
Kecepetan pergantian nyala LED pada rangkaian running LED diatas ditentukan oleh frekuensi pulsa dari rangkaian multivibrator 555. untuk mengatur frekuensi pulsa output multivibrator 555 dikakukan dengan mengatur nilai potensiometer R2. R1 pada rangkaian running LED ini berfungsi untuk membatasi arus yang mengalir pada LED.
Rangkaian running LED atau lampu berjalan pada gambar diatas dapat dioperasikan dengan tegangan kerja +9 volt DC hingga +15 volt DC, sehingga dapat dipasang pad sepeda motor atau mobil dengan mengambil sumber supply darei batere atau accumulator sepeda motor atau mobil tanpa perlu menambahkan rangkaian lain.
Untuk kali ini saya baru memposting untuk simulasi saja, untuk hardwere bisa menyusul. bagi yang sudah sering menggunakan proteus bisa langsung mendownload file simulasinya Disini

No comments

Dicky B_Mz. Powered by Blogger.